Sabtu, 30 Juli 2016

Pemrograman Java

https://homepages.thm.de/~dilg93/java/background.jpg

           Bahasa pemrograman java adalah bahasa yang dapat dibuat dan dijalankan di berbagai macam sistem operasi komputer seperti windows , linux dan mac. Java juga dapat dijalankan pada beberapa handphone. Java awalnya dikembangkan pada tahun 1991 oleh tim yang dipimpin Patrick Naughton dan James Gosling yang awalnya ingin mendesain sebuah bahasa untuk elektronika seperti tv , project ini diberi nama Green Project. Greentalk adalah nama bahasa pemrograman pertama yg dikenalkan oleh Gosling sebelum berubah menjadi Oak dan akhirnya berubah menjadi java karena nama oak sudah digunakan oleh perusahaan lain untuk merek dagang nya. Konon nama java terinspirasi dari kopi yang berasal dari pulau jawa.
            Karena tujuan pembuatan bahasa untuk peralatan device yang kecil, maka bahasa pemrograman tersebut juga harus kecil dan harus multiplatform alias dapat digunakan diberbagai platform atau device karena, cpu yang digunakan oleh setiap platform berbeda arsitekturnya. Hal ini mendasari Java memiliki keuntungan :
  1. Multiplatform 
Pemrograman Java dapat dijalankan oleh beberapa sistem operasi yang umum digunakan seperti Windows , Linux dan Mac seperti slogan java yaitu "tulis sekali , jalankan dimanapun".

      2. Object Oriented Programming

Java mendukung pemrograman Object Oriented Programming atau pemrograman yang berorientasikan objek. Dengan menggunakan teknik oop, programer mendapatkan kemudahan seperti pemrograman yang lebih terstruktur. Semua data dan fungsi diimplementasikan oleh objek dan dimuat pada class.

      3. Class library yang banyak

Java memiliki Banyak class library yang banyak. Hal ini memudahkan programer untuk membangun aplikasi nya.

     4.Pengumpulan sampah

Dari berbagai keuntungan yang dimiliki, Java juga memiliki kekurangan seperti mudahnya untuk didekompilasi sehingga algoritma program lebih sulit untuk disembunyikan dan lebih mudah untuk dibajak




 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar